Home » » Makna Dibalik Logo FedEx

Makna Dibalik Logo FedEx

Fedex atau Federal Express merupakan perusahaan postal service yang berasal dari Amerika. Dan kini perusahaan tersebut sudah tersebar hampir diseluruh dunia termasuk di Indonesia. Saya yakin sebagian besar dari anda semua pasti sudah tahu dari jasa pelayanan Fedex ini. Tapi apakah anda tahu makna dari logo Fedex…..???? yang  ternyata mempunyai makna sangat menarik untuk kita bahas.
Fedex bergerak dalam perusahaan postal sudah cukup lama, dan sebagai sebuah perusahaan tentunya juga sempat mengalami pasang surut dari laba yang didapatkan. Bahkan dulunya Fedex bisa dikatakan sempat hampir bangkrut. Tetapi ternyata bos dari perusahaan ini tidak menyerah begitu saja walaupun perusahaan ini hampir bangkrut, justru pada saat-saat terakhir dari masa kejayaan mereka toh masih sempat juga untuk merubah logonya. Dan anehnya boleh percaya boleh tidak justru hal ini akhirnya membawa mereka menuju ke era yang lebih jaya. Pasti kita bertanya-tanya hanya karena logo bisa membawa kejayaan? Ada apa dengan logo barunya hingga menuai sukses?
Logo Fedex

Logo Fedex
Oke inilah jawabannya dan ini adalah jawaban simpel yang belum tentu semua orang tahu. Ternyata di dalam logotype tersebut tersembunyi sebuah simbol panah (arrow). Sekarang coba anda cari dimanakah letak dari gambar panah yang disamarkan tersebut. Apakah anda sudah bisa menemukan? Baiklah akan saya kasih tahu, tanda panah itu terdapat pada warna negatif space antara huruf E besar dan huruf X kecil. Apakah artinya panah itu? Hingga dipercaya dapat mengembalikan dan membawa meraka ke era yang lebih jaya.
Ternyata Lindon Leader sang designer logo tersebut yang menjabat sebagai Senior Design Director di Landor Associates itu sebelum mendisain logo tersebut sempat melakukan survey mengenai perilaku dan kondisi kerja di Federal Express. Dan ia menemukan bahwa karyawannya kurang memiliki motivasi dan kepemilikian atas perusahaan. Dan ketika presentasi, ia menjelaskan arti simbol panah itu yakni arrow of movement and thinking, dimana ia menjelaskan bahwa perusahaan harus memiliki komitmen dalam pengiriman, yakni cepat sampai, dan juga panah melambangkan pemikiran postif bahwa perusahaan pasti akan maju (optimisme). Lindon Leader mendesak agar keberadaan simbol panah ini dipresentasikan kepada seluruh jajaran karyawan, agar setiap kali karyawan melihat logo ini, yang pertama kali terlihat adalah tanda panah itu. Optimisme dan komitmen ini yang akhirnya membawa perusahaan berkembang lebih pesat dan membawa mereka ke era yang lebih jaya.
Dan disinilah letak uniknya, setelah kita mengetahui makna dari logo Fedex dan mengetahui terdapat logo panah tersembunyi ini, selamanya ketika kita melihat logo Fedex, pasti yang pertama kali kita cari dan lihat adalah tanda panah ini, dan di latar belakang  adalah logotype atau tulisan Fedex. Nah… sekarang coba ketika  jalan dan ada logo fedex, kalian lihat, pasti simbol panah itu langsung muncul dominan… gimana asyik ya? Meskipun logonya simpel tapi maknanya sangat mendalam. 

Thanks for reading & sharing Info Logo

Previous
« Prev Post

1 komentar:

Search This Blog

its me

Popular Posts

Most Recent Post