Home » » Sekilas Logo

Sekilas Logo

Logo itu apa ?
Logo adalah bentuk visual dari sekumpulan simbol grafis dan tipografi yang digunakan sebagai representasi dari suatu produk, perorangan, maupun perusahaan yang dibuat untuk mengkomunikasikan maksud, tujuan, dan karakter dari merk (brand) nya  kepada khalayak ramai atau konsumen.

Siapa yang Membutuhkan Logo?
Seperti layaknya manusia yang unik – berbeda satu dengan lainya, perusahaan pun hendak memiliki perbedaan satu sama lain untuk mudah dikenali dan diidentifikasi oleh pelanggan dan maksud2 bisnis lainya. Sebuah perusahaan jelas membutuhkan Logo. Apakah setiap indvidu memerlukan logo? Jawabanya tergantung masing2 individu tersebut, namun pada kenyataanya setiap orang senang mengasosiasikan dirinya dengan ‘sesuatu’, misalnya Budi hendak diasosiasikan sebagai jagoan bermain Bola ( Budi lagi, Budi lagi, hehe..), maka dalam tiap penulisan namanya ditulis dengan ‘ Budi BOLA ‘. Tanda tangan merupakan contoh logo yang digunakan setiap perorangan (individu) untuk mengindentifikasi jati dirinya. Tak jarang kita melihat simbol ‘hati’ dalam tanda tangan seseorang untuk menandakan ia adalah seorang yang ‘penuh cinta’ misalnya. Michael Jordan dengan logo ‘Air Jordan’ nya adalah contoh seseorang yang sukses dengan logo individu nya. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki logo individu sendiri? Jika belum dan hendak memilikinya, tentu saya dapat membantu Anda =)

Kembali ke topik bahasan, kesimpulan nya adalah bahwa perusahaan maupun perorangan adalah pihak-pihak yang sama-sama membutuhkan logo.

Kenapa Logo dibutuhkan?
Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, Logo digunakan untuk representasi dan mengkomunikasikan maksud, tujuan, serta karakter dari sebuah perusahaan atau individu.  Logo dibutuhkan karena peranya dalam membentuk presepsi kepada konsumen, membangun kesan tertentu sehingga calon konsumen tertarik untuk menggunakan produk yang dihasilkan. Dari sebuah logo, citra produk, merk dari sebuah perusahaan dapat diekspresikan. Calon konsumen akan menebak-nebak, bermain dengan pikiran dan perasaan nya untuk menterjemahkan ‘kualitas’ sebuah produk melalui logo yang ditampilkan di kemasan produk tersebut. Akhirnya jadi atau tidaknya pembelian pertama seorang konsumen terhadap sebuah produk tersebut bergantung dari citra yang ditimbulkan oleh logo si produk ( jika konsumen belum pernah mencoba atau mengetahui kualitas produk tersebut sebelumnya).
Begitupun pula untuk kerjasama antar perusahaan dengan perusahaan rekan nya. Kualitas dari perusahaan rekanan dapat sepintas dirasakan dan dilihat dari logo yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.
Karena peran besarnya tersebut, pembuatan logo sebuah perusahaan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Logo sebuah perusahaan haruslah logo yang baik sehingga dapat memainkan peranan penting nya yaitu Mencitrakan Perusahaan tersebut kepada orang banyak.

Thanks for reading & sharing Info Logo

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog

its me

Popular Posts

Most Recent Post